BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Brainly (Brainly
Group, Zadane.pl z oo sp.) Adalah sebuah perusahaan berbasis di Cracow, Polandia, yang
beroperasi kelompok pembelajaran sosial jaringan
untuk siswa dan pendidik. Ini tersedia dalam 13 versi bahasa yang dikunjungi
oleh lebih dari 40 juta pengguna unik setiap bulan dari lebih dari 35
negara di dunia (per Mei 2014). Ini perusahaan startup beroperasi di Teknologi Pendidikan. Situs web pertama kelompok itu
diluncurkan pada tahun 2009 di Polandia dengan nama Zadane.pl. Sistem ini didasarkan pada poin
motivasi dan unsur-unsur gamification dan
pengguna dapat terlibat dalam komunitas online.
BAB II
PEMBAHASAN
A.
Pengertian Brainly
Brainly
adalah sekelompok jaringan pembelajaran sosial berdasarkan common framework. Ini adalah
salah satu media sosial secara
ketat terhubung ke pendidikan dan pembelajaran. Ia menggunakan fitur jaringan
sosial untuk menghubungkan pengguna yang berniat untuk berbagi pengetahuan dan
pengalaman mereka dengan komunitas online. Proyek ini didedikasikan untuk SD, SMP dan SMA siswa,
serta guru, orang tua dan pendidik lainnya. Setiap versi Brainly adalah gratis Q & A situs disesuaikan untuk negara-negara beroperasi
di. Tujuan dari perusahaan adalah untuk menginspirasi siswa untuk belajar di
masyarakat kolaboratif dan menggali pengetahuan dengan berfokus terutama pada
membantu mereka dengan masalah pekerjaan rumah. Sejak berdirinya, Brainly telah
resmi meluncurkan versi 13 yang dikunjungi oleh lebih dari 40 juta pengguna
unik per bulan (per Mei 2014). Situs web mencapai siswa di lebih dari 35
negara.
B. Misi Brainly
Pernyataan misi Brainly adalah: "Misi kami adalah
untuk menginspirasi siswa untuk belajar dan mengeksplorasi pengetahuan dalam
komunitas kolaboratif"
C.
Sejarah
Zadane.pl sp. z oo, perusahaan di balik Brainly Group, didirikan pada
tahun 2009 di Polandia oleh Michał Borkowski (saat ini CEO), Tomasz
Kraus (saat ini CPO) dan Łukasz Haluch. Pertama tonggak - 1 juta pengguna
unik setiap bulan, dicapai dalam waktu 6 bulan setelah rilis. Pada bulan
Januari 2011, perusahaan meluncurkan sebuah website baru - Znanija.com - proyek
internasional pertama yang didedikasikan untuk Rusia.
speaker Sekarang platform terbesar dalam
kelompok.
Kemudian, merek menciptakan beberapa versi lain,
termasuk versi bahasa untuk pasar berikut: Turki (eodev.com), Amerika Latin dan Spanyol (misdeberes.es) dan Brasil (brainly.com.br). Langkah
penting berikutnya terjadi di Desember 2013, ketika sejumlah versi bahasa baru
Brainly diluncurkan. Proyek ini mengakibatkan peluncuran resmi 7 versi baru – English (brainly.com), Indonesian (brainly.id), India (brainly.in), Philippine (brainly.ph), Thai (brainly-thailand.com) Romanian (brainly.ro) dan Italia
(brainly.it). Saat ini,
perusahaan mempekerjakan sekitar 50 orang. Awalnya, Brainly dibiayai oleh co-pendiri dan pada
tahun 2012 kelompok mengumpulkan dana dari titik Sembilan Capital dan Bisnis Malaikat. Pada bulan
Oktober 2014, perusahaan mengumumkan bahwa mereka telah mengangkat putaran
pendanaan dari General Catalyst Partners, Runa Modal dan modal
ventura lainnya. Jumlah total investasi adalah $ 9.000.000 dan memungkinkan
pengembangan produk lebih lanjut, serta pembukaan, markas berbasis di AS baru
di New York City, NY.
B.
Situs
Brainly adalah Q & A platform untuk siswa, mencari
bantuan dengan tugas-pekerjaan rumah terkait mereka. Mereka dapat mengirimkan
pertanyaan kepada masyarakat yang kemudian menawarkan bantuan. Setiap
pertanyaan dan jawaban dapat berkomentar. Para pengguna dapat dengan bebas berkolaborasi
diberikan tugas. Semua pertanyaan dikategorikan oleh mata pelajaran yang
diajarkan di negara tertentu dan tingkat sekolah.
C.
Gamification
Setiap pengguna diberikan sejumlah titik tetap pada
saat pendaftaran, yang mereka bisa menghabiskan untuk mengajukan pertanyaan.
Poin terutama diperoleh dari menjawab, tetapi ada beberapa kegiatan tertentu di
website, yang bisa mendapatkan pengguna jumlah tambahan poin. Setiap jawaban
yang diberikan setengah dari poin yang digunakan oleh pengadu. Selain itu,
penulis pertanyaan mendapat kesempatan untuk memilih salah satu jawaban sebagai
yang terbaik, yang penghargaan kedua penulis pertanyaan dan jawabannya. Situs
ini juga dilengkapi peringkat (harian, mingguan, bulanan dan umum) pengguna
dengan jumlah poin tertinggi diperoleh dari menjawab pertanyaan (Brainliest
Pengguna).
D.
Interaksi masyarakat
Interaksi sosial antara pengguna terkonsentrasi di
sekitar beberapa fungsi platform - obrolan / pesan pribadi
sistem, komentar bagian dalam profil pengguna dan komentar di thread
pertanyaan. Sedangkan yang pertama digunakan untuk percakapan pribadi antara
pengguna, dua terakhir yang digunakan untuk kolaborasi pada tugas dan interaksi
sosial dalam masyarakat. Setiap pengguna dapat membuat jaringan mereka sendiri
koneksi dengan berteman dengan pengguna lain.
BAB
III
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Brainly
merupakan jaringan pembelajaran online yang bisa dijadikan sebagai salah satu
manfaat adanya perkembangan teknologi di dunia ini. Para Pelajar bisa saling
berhubungan dan berkomunikasi seputar materi-materi yang dipelajarinya di
sekolahnya. Brainly ini menimbulkan dampak yang sangat positif untuk
perkembangan para pelajar di indonesia.
Brainly
atau Komunitas tempat berbagi materi pembelajaran ini sangat bagus dan
mengasikan sekali. Brainly mempunyai sistem unik yaitu setiap ada pengguna atau
membernya yang membantu pengguna lain di dalam menjawab pertanyaan yang
ditanyakan maka member yang menjawab tersebut akan diberikan poin, Poin yang
diberikan tersebut kemudian dikumpulkan untuk meraih gelar di Brainly.
B.
Saran
Demikianlah
makalah yang kami buat ini, semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan para
pembaca. Kami mohon maaf apabila ada kesalahan ejaan dalam penulisan kata dan
kalimat yang kurang jelas, dimengerti, dan lugas.Karena kami hanyalah manusia
biasa yang tak luput dari kesalahan Dan kami juga sangat mengharapkan saran dan
kritik dari para pembaca demi kesempurnaan makalah ini. Sekian penutup dari
kami semoga dapat diterima di hati dan kami ucapkan terima kasih yang
sebesar-besarnya.
DAFTAR
PUSTAKA
http://investing.businessweek.com/research/stocks/private/snapshot.asp?privcapid=217021518
"Perusahaan Ikhtisar Zadane.pl z oo sp.", Bloomberg Businessweek , 27 Mei
2014. Diakses pada 28 Mei 2014
Adam,
Łopusiewicz. http://mamstartup.pl/aktualnosci/4984/54-swiata-do-konca-roku-brainly "54%
Swiata melakukan Konca roku - Brainly", Mam Startup, 8 Januari
2014. Diakses pada 27 Mei 2014
https://www.knowledgepool.com/knowledge-centre/social-learning-taster.pdf Sosial
Belajar Penemuan Laporan Autumn 2012
Moser, Shay. http://socialmediatoday.com/shaybmoser/2211406/brainly-customer-community-student-support?utm_source=twitterfeed&utm_medium=twitter&utm_campaign=Social+Media+Today+%28all+posts%29 "Social
Startups: Brainly Apakah Masyarakat Pelanggan Dukungan Mahasiswa ", SocialMedia
Hari ini, 27 Februari 2014. Diakses pada 28 Mei 2014
Degeler,
Andrii. http://thenextweb.com/insider/2014/03/17/crowdsourced-school-homework-brainly-plans-take-us-market-success-europe/
"Crowdsourced sekolah PR: Bagaimana Brainly berencana untuk mengajarkan AS
setelah sukses di Eropa ", The Next Web, 17 Maret 2014. Diakses
pada 28 Mei 2014
Millward,
Steven. http://www.techinasia.com/crowdsourced-homework-helper-brainly-launches-asia/
"Crowdsourced PR pembantu Brainly membawa jawaban atas Asia"], Tek di Asia , 15 April
2014. Diakses pada 20 Mei 2014.
No comments:
Post a Comment